Shadow Teacher Profesional Terbaik dan Terpercaya Jakarta

Shadow Teacher Profesional Terbaik dan Terpercaya Jakarta

Shadow Teacher Profesional Terbaik dan Terpercaya di Jabodetabek. Guru Pendamping Terlatih, Terampil dan Rekomendasi Psikolog Profesional.

Shadow Teacher Profesional Terbaik dan Terpercaya Jakarta. Temuan penelitian menyatakan bahwa: Shadow teacher mempunyai peran dalam kegiatan proses belajar  mengajar anak berkebutuhan khusus di kelas, terutama peranannya membantu dan mengajari anak berkebutuhan khusus pada saat proses pembelajaran dikelas dan membantu komunikasi anak berkebutuhan khusus dengan temannya.

Shadow Teacher Profesional Terbaik dan Terpercaya Jakarta
Miss Penny Shadow Teacher Profesional Gurukita.id

Shadow Teacher atau Guru pendamping itu apa sih?

Shadow teacher atau guru pendamping adalah guru yang mendampingi anak berkebutuhan khusus dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di sekolah umum yang menyediakan layanan program pendidikan inklusi. Ini terutama berlaku di tingkat prasekolah dan sekolah dasar. Namun, dalam dunia pendidikan inklusi atau pendidikan anak berkebutuhan khusus (ABK), keberadaan guru bayangan sangat lumrah dan sangat penting keberadaannhya.

Jenis-jenis anak berkebutuhan khusus yang biasanya mendapat pendampingan dari Shadow teacher ?

  1. Anak dengan gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas (GPPH) atau attention deficit and hyperactivity disorder (ADHD) adalah anak yang mengalami gangguan perkembangan, yang ditandai dengan sekumpulan masalah berupa gangguan pengendalian diri, masalah rentang atensi atau perhatian, hiperaktivitas dan impulsivitas, yang menyebabkan kesulitan berperilaku, berpikir, dan mengendalikan emosi.
  2. Anak dengan gangguan spektrum autisma atau autism spectrum disorders (ASD) adalah anak yang mengalami gangguan dalam tiga area dengan tingkatan berbeda-beda, yaitu kemampuan komunikasi dan interaksi sosial, serta pola-pola perilaku yang repetitif dan stereotipi.
  3. Anak dengan gangguan ganda adalah anak yang memiliki dua atau lebih gangguan sehingga diperlukan pendampingan, layanan, pendidikan khusus, dan alat bantu belajar yang khusus.
  4. Anak dengan kapasitas menyerap yang lamban (slow learner) adalah anak yang memiliki potensi intelektual sedikit dibawah rata-rata tetapi belum termasuk gangguan mental. Mereka butuh waktu lama dan berulang-ulang untuk dapat menyelesaikan tugas-tugas akademik maupun non akademik.
  5. Anak dengan kesulitan belajar khusus atau specific learning disabilities adalah anak yang mengalami hambatan atau penyimpangan pada satu atau lebih proses psikologis dasar berupa ketidakmampuan mendengar, berpikir, berbicara, membaca, menulis, mengeja dan berhitung.
  6. Anak dengan gangguan kemampuan komunikasi adalah anak yang mengalami penyimpangan dalam bidang perkembangan bahasa wicara, suara, irama, dan kelancaran dari usia rata-rata yang disebabkan oleh faktor fisik, psikologis dan lingkungan, baik reseptif maupun ekspresif.
  7. Anak dengan potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa adalah anak yang memiliki skor intelegensi yang tinggi (gifted), atau mereka yang unggul dalam bidang-bidang khusus (talented) seperti musik, seni, olahraga, dan kepemimpinan.
  8. Disabilitas penglihatan. Anak disabilitas penglihatan adalah anak yang mengalami gangguan daya penglihatan berupa kebutaan menyeluruh (total) atau sebagian (low vision).
  9. Disabilitas pendengaran. Anak disabilitas pendengaran adalah anak yang mengalami gangguan pendengaran, baik sebagian maupun menyeluruh, dan biasanya memiliki hambatan dalam berbahasa dan berbicara.
  10. Disabilitas intelektual. Anak disabilitas intelektual adalah anak yang memiliki intelegensi yang signifikan berada dibawah rata-rata anak seusianya dan disertai dengan ketidakmampuan dalam adaptasi perilaku, yang muncul dalam masa perkembangan.
  11. Disabilitas fisik. Anak disabilitas fisik adalah anak yang mengalami gangguan gerak akibat kelumpuhan, tidak lengkap anggota badan, kelainan bentuk dan fungsi tubuh atau anggota gerak.
  12. Disabilitas sosial. Anak disabilitas sosial adalah anak yang memiliki masalah atau hambatan dalam mengendalikan emosi dan kontrol sosial, serta berperilaku menyimpang.

Selayang Pandang Tentang Shadow Teacher/Guru Pendamping

Bagi orang yang tidak mengerti dunia ABK, keberadaan Shadow Teacher di jakarta ini mungkin sering dianggap sepele. Padahal, tugas mereka sangat berat lho. Tugas utama pendampingan anak berkebutuhan khusus di kelas bukan berarti Shadow teacher ini membantu anak dengan ikut mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru kelas. Peran shadow teacher lebih pada membantu anak berkebutuhan khusus untuk berinteraksi dengan teman-temannya di kelas atau sekolah dan memahami materi pelajaran yang diberikan oleh guru utama di kelas dengan lebih baik.

Shadow Teacher biasanya memiliki latar belakang pendidikan jurusan psikologi dan pendidikan anak berkebutuhan khusus. Namun tidak menutup kemungkinan guru bayangan tersebut adalah guru biasa yang telah dilatih khusus untuk menangani ABK.

Nah, berurusan dengan Siswa ABK ini tidak selalu mudah. Tugas guru pendamping dimulai dengan mengenali dan mendekati anak. Tak jarang guru bayangan juga harus melatih anak untuk bisa hanya duduk diam di kelas, mengajar sambil memegang pensil, menulis, membaca, dan sebagainya. Bahkan guru bayangan itu seperti pengasuh yang harus menjaga anak berkebutuhan khusus, menemani makan, bahkan memberi makan, merawat saat anak tiba-tiba sakit di sekolah, membantu buang air besar di toilet. Termasuk berurusan dengan emosi anak, saat senang, sedih, marah, atau saat anak mengalami kesulitan, mengamuk,  bahkan ketika ada bullying (perundungan) yang mungkin dilakukan oleh teman sekolahnya, Guru bayangan juga harus di garda terdepan mendampingi ABK dan mampu dengan cepet untuk mengendalikan situasi.

Selain harus terampil menangani anak berkebutuhan khusus, guru bayangan juga harus mampu menjalin komunikasi dan kerjasama yang baik dengan guru kelas dan orang tua anak, bahkan guru bimbingan dan konseling sekolah (BK), atau psikiater atau terapis atau psikolog. Karena melalui proses pembelajaran di sekolah diharapkan perkembangan belajar anak berkebutuhan khusus dapat lebih maksimal, mendorong kemandirian anak, meningkatkan keterampilan berinteraksi, dan menumbuhkan rasa tanggung jawab.

Kami Siap Merekomendasikan Shadow Teacher Terbaik untuk Buah Hati Anda

Kami akan membantu orang tua siswa menemukan Shadow Teacher Terbaik untuk buah hati Anda. Shadow Teacher terbaik dan terpercaya di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi. Dibawah pengawasan Psikolog Profesional. Kami juga Melayani Test minat bakat & Konsultasi Psikologi.

Klik link ini untuk info lebih Lanjut : Shadow Teacher Jakarta, Shadow teacher Depok, Shadow teacher Tangerang, Shadow teacher Bogor, Shadow Teacher Bekasi

Shadow Teacher Jakarta Selatan : Shadow Teacher Pondok Indah, Shadow Teacher Kebayoran Lama, Shadow Teacher Kebayoran Baru, Shadow Teacher Kemang

Shadow Teacher Jakarta Utara : Shadow Teacher Kelapa gading, Shadow Teacher Sunter, Shadow Teacher Pantai Indah kapuk

Shadow Teacher Jakarta Barat : Shadow Teacher Puri Indah Kembangan, Shadow Teacher Kebon Jeruk

Shadow Teacher Jakarta Pusat : Shadow Teacher Cempaka Putih, Shadow Teacher Kemayoran

Shadow Teacher Jakarta Timur : Shadow Teacher Rawa Mangun, Shadow Teacher Duren Sawit

Shadow Teacher tangerang Selatan : Shadow Teacher Bintaro, Shadow Teacher BSD, Shadow Teacher Summarecon Serpong, Shadow Teacher Karawaci.

Shadow Teacher Bekasi : Shadow Teacher Kota Wisata Cibubur, Shadow Teacher Legenda Wisata Cibubur

Shadow Teacher Bogor : Shadow Teacher Summarecon Bogor

Shadow Teacher Depok : Shadow Teacher Sawagan, Shadow Teacher Grand Depok City

Konsultasi dan Pendaftaran, Silakan Hubungi Gurukita.id

Call               : 0811999845

WhatsApp : 0811999845